Selisik Bahasa dan Sastra: Kumpulan Kajian Kebahasaan dan Kesastraan

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Selisik Bahasa dan Sastra: Kumpulan Kajian Kebahasaan dan Kesastraan
Penulis: Margono, et.al.
Penerbit: Pustaka Pelajar, 2020
Isi: 402 Halaman (4 MB)
Bahasa: Indonesia
Format: Ebook PDF

Buku ini adalah bagian keluaran (output) dari tanggapan atas perkembangan teori-teori kebahasaan dan kesastraan yang ada berupa hasil pengkajian di bidang bahasa dan sastra, termasuk pengajaran bahasa dan sastra di dalamnya. Selisik adalah singkap, menyelisik adalah adalah menyingkap atau meneliti sesuatu hal. Selisik Bahasa dan Sastra menyingkap fenomena kebahasaan dan kesastraan yang tertuang di dalam singkapan karya ilmiah dari berbagai peminatan. Kajian kebahasaan dan kesastraan menjadikan objek-objek kebahasaan dan kesastraan sebagai sumber data kajian dengan memanfaatkan teori-teori kebahasaan dan kesastraan sebagai pisau bedah analisisnya.

Selisik Bahasa dan Sastra: Kumpulan Kajian Kebahasaan dan Kesastraan terbagi atas kajian-kajian ilmiah yang dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu bagian kebahasaan,
kesastraan, pengajaran bahasa, dan pengajaran sastra. Pada bagian kebahasaan terdiri atas pembahasan mengenai peranti kohesi gramatikal dan leksikal pada tulisan deskripsi, kedwibahasaan pada anak sekolah dasar, stilistika dalam novel Pudarnya Pesona Cleoprata, penggunaan kalimat aktif dan pasif, analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam laporan hasil observasi, dan gejala bahasa hiperkorek dalam kalimat bahasa Indonesia.