Enlightenment Now: The Case for Reason, Science, Humanism, and Progress

Gambar Produk 1
Promo
Terlaris
Rp 10.000 Rp 5.000
Judul: Enlightenment Now: The Case for Reason, Science, Humanism, and Progress
Penulis: Steven Pinker
Penerbit: Penguin Books, 2018
Tebal: 576 halaman (6 MB)
Bahasa: Inggris
Format: Ebook EPUB

Apakah dunia benar-benar hancur? Apakah cita-cita kemajuan sudah ketinggalan zaman? Dalam penilaian elegan terhadap kondisi manusia di milenium ketiga ini, ilmuwan kognitif dan intelektual publik Steven Pinker mendesak kita untuk mundur dari berita utama yang mengerikan dan ramalan malapetaka, yang berperan dalam bias psikologis kita. Sebaliknya, ikuti datanya: Dalam tujuh puluh lima grafik yang mencengangkan, Pinker menunjukkan bahwa kehidupan, kesehatan, kemakmuran, keselamatan, perdamaian, pengetahuan, dan kebahagiaan sedang meningkat, tidak hanya di Barat, tetapi juga di seluruh dunia. Kemajuan ini bukanlah hasil dari suatu kekuatan kosmis. Ini adalah anugerah Pencerahan: keyakinan bahwa akal dan sains dapat meningkatkan perkembangan manusia.

Jauh dari harapan yang naif, Pencerahan, yang kita ketahui sekarang, telah berhasil. Namun lebih dari sebelumnya, hal ini membutuhkan pertahanan yang kuat. Proyek Pencerahan bertentangan dengan arus sifat manusia--tribalisme, otoritarianisme, demonisasi, pemikiran magis--yang ingin dieksploitasi oleh para demagog. Banyak komentator, yang menganut ideologi politik, agama, atau romantisme, melakukan perlawanan terhadap ideologi tersebut. Hasilnya adalah fatalisme yang korosif dan keinginan untuk menghancurkan institusi demokrasi liberal dan kerja sama global yang berharga.

Dengan kedalaman intelektual dan bakat sastra, Enlightenment Now mengemukakan pendapat tentang nalar, ilmu pengetahuan, dan humanisme: cita-cita yang kita perlukan untuk menghadapi masalah-masalah kita dan melanjutkan kemajuan kita.